23 Januari 2022
spot_img
BerandaBimaPemda Bima Dukung Peningkatan Kapasitas BPD melalui Sekolah Anggaran

Pemda Bima Dukung Peningkatan Kapasitas BPD melalui Sekolah Anggaran

BIMA – Pemerintah Kabupaten Bima mendukung peningkatan kapasitas Badan Permusyawatan Desa (BPD) melalui Workshop Sekolah Anggaran (SEKAR) Desa, Kamis (30/12).

Sekar yang dilaksanakan oleh KOMPAK bermitra dengan FITRA Indonesia berlangsung di Ruang Rapat Utama Kantor Bupati Bima.

Bupati Bima yang diwakili Asisten III Sekretariat Daerah kabupaten Bima Drs. H. Arifudin dalam sambutannya saat membuka workshop memaparkan bahwa di tingkat desa, selain pemerintah desa yang terdiri dari kepala desa dan perangkat desa dan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) sesuai amanat UU Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa menyatakan bahwa BPD atau dengan sebutan lain adalah lembaga yang melaksanakan fungsi pemerintahan yang anggotanya merupakan wakil penduduk desa berdasarkan representasi wilayah dan ditetapkan secara demokratis.

“Lembaga ini memiliki peran strategis mendorong akuntabilitas sosial, demokratisasi dan kesejahteraan warga desa” katanya.

Sekda menambahkan dengan memperhatikan amanat UU ini maka pemerintah daerah berpandangan bahwa penguatan kapasitas baik kapasitas kelembagaan maupun individu BPD sebagai representasi rakyat ditingkat desa mutlak diperlukan.

“Mengacu pada regulasi tersebut, dalam tata kelola pemerintahan di tingkat desa, BPD memiliki 3 fungsi pokok yaitu membahas dan menyepakati Rancangan Peraturan Desa (Perdes) bersama Kepala Desa, menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat desa melakukan pengawasan terhadap kinerja kepala desa” tambahnya.

Melanjutkan sambutannya Sekda menyampaikan selama lima tahun implementasi UU Desa, fungsi BPD tersebut belum secara optimal dijalankan, dimana masih banyak anggota BPD yang belum sepenuhnya melaksanakan fungsinya sesuai dengan regulasi yang ada.

“Oleh karena itulah, workshop ini menjadi satu wahana penting dalam mendorong peningkatan kinerja dan fungsi BPD di aras desa” Urai Arifudin.(np)

BERITA TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

BERITA Popular

Recent Comments

error: Content is protected !!