8 Desember 2022
Google search engine
BerandaPulau SumbawaApresiasi Sabtu Budaya, Nanang Nasiruddin : Ajang Penguatan Budaya dan Karakter Pelajar

Apresiasi Sabtu Budaya, Nanang Nasiruddin : Ajang Penguatan Budaya dan Karakter Pelajar

Sumbawa, pelitanews – Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Ranting Kecamatan Moyo Hulu bersama seluruh lembaga dan kalangan melaksanakan Kegiatan Launching Sabtu Budaya, Rabu (30/3).

Kegiatan yang sekaligus merupakan ajang pagelaran kegiatan kebudayaan ini bertempat di SMPN 1 Moto Hulu.

Hadir dalam pagelaran tersebut Wakil Bupati Sumbawa, Dewi Noviany, S.Pd.,M.Pd, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sumbawa Nanang Nasiruddin, S.AP.,M.M.Inov, Camat Moyo Hulu, Kasi GTK, Toga, Toma dan tenaga kependidikan Se-Kecamatan Moyo Hulu.

Nanang Nasiruddin, saat ditemui media dilokasi acara menyampaikan Program Sabtu Budaya merupakan program yang menarik sebagai ajang pengenalan sekaligus pengembangan budaya, tradisi dan kearifan lokal.

“Diharapkan akan membangkitkan kreativitas sekaligus penguatan karakter siswa ditengah era globalisasi, ini patut kita dukung dan apresiasi kekompakan PGRI Moyo Hulu untuk memajukan dunia pendidikan khususnya di Moyo Hulu” papar Nanang.

Nanang juga mengkhawatirkan generasi Sumbawa kelak hanya akan menemukan tentang kekayaan budaya Sumbawa dalam buku-buku sejarah.

Menurutnya kegiatan kebudayaan hari ini sudah jarang ditemui dan dilaksanakan, padahal kekayaan budaya mencakup banyak dimensi kehidupan sosial masyarakat.

“Salah satu yang banyak kita tinggal adalah budaya kita dalam hal adab dan tutur kata. Orang tua kita dalam berbahasa penuh dengan makna dan bahasa syair, yang kita kenal dengan lawas. Lawas itu tempo dulu, bukan hanya terucap dalam kegiatan kebudayaan, tetapi menjadi bagian dalam bertutur dan berinteraksi sehari-hari” Pungkasnya.

Orang dulu kalau marah tidak lansung mengeluarkan kata-kata kasar, tapi dengan bahasa-bahasa yang indah dan memiliki makna yang sangat dalam.

“Nah inilah kita lihat di anak-anak didik kita yang cukup kurang mengedepankan adab dan etika dalam berinteraksi baik sesama mereka, dengan guru, orang tua dan yang lebih tua. Semoga dengan kegiatan Sabtu budaya ini akan kembali menghidupkan keindahan dan kekayaan budaya kita tau samawa yang kedepan menjadi karakter para pelajar kita.” terangnya.

Diakhir Legislator dari Moyo Hulu ini menyampaikan apresiasi upaya PGRI Moyo Hulu dalam membangun karakter pelajar.

“Saya sangat salut dan mengapresiasi PGRI Moyo Hulu dan Seluruh Lembaga Pendidikan Kecamatan Moyo Hulu yang telah menjadikan kebudayaan sebagai cara membangun karakter adik-adik pelajar kita” tutupnya. (np)

BERITA TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img

BERITA Popular

Recent Comments

error: Content is protected !!