15 Mei 2022
Google search engine
BerandaPulau SumbawaBantu Warga Terdampak Banjir, Kapolres Sumbawa Pikul Rumah Warga

Bantu Warga Terdampak Banjir, Kapolres Sumbawa Pikul Rumah Warga

SUMBAWA BESAR – Tim gabungan TNI, Polri, BPBD dan Damkar Sumbawa, terjun ke lokasi banjir di Kecamatan Alas, Selasa (15/2/2022) pagi. Tim gabungan ini turun guna membantu warga untuk membersihkan sisa banjir yang menerjang Kecamatan Alas dan Alas Barat. Dalam kegiatan ini, Kapolres Sumbawa ikut langsung membantu memikul rumah warga yang bergeser karena banjir.

Dalam kegiatan ini, tim dibagi menjadi lima kelompok. Untuk membantu masyarakat yang terdampak banjir. Lima titik tersebut yaitu Dusun Po dan Dusun Sawo Desa Kalimango. Kemudian Dusun Jotang dan Dusun Taruna, Desa Baru. Serta di Dusun Stober, Desa Luar, Kecamatan Alas.

Kapolres Sumbawa, AKBP. Esty Setyo Nugroho S.I.K dan Dandim 1607/Sumbawa, Letkol Arh. Haris Atmaja Adinata, S.E tiba di lokasi sekitar pukul 09.50 Wita. Kapolres dan dandim langsung menuju Dusun Po, Desa Kalimango dan langsung membantu masyarakat. Dalam kegiatan ini, kapolres juga ikut membantu untuk mengangkat rumah warga yang bergeser karena terdampak banjir. Sehingga bisa kembali ke posisi semula.

“Kami mengucapkan terimakasih banyak kepada TNI dan Polri, karena sudah membantu warga,” ujar salah seorang warga.

Sekitar Pukul 11.20 Wita, Wakil Bupati Sumbawa, Dewi Noviany, S.Pd., M.Pd. beserta rombongan tiba di lokasi. Kedatangan rombongan ini kemudian disambut kapolres dan dandim di Kantor Camat Alas. Wabup beserta rombongan datang dengan membawa logistik bantuan untuk masyarakat yang terdampak banjir bandang.

Kemudian, kapolres, wabup dan rombongan mendatangi Dusun Po, Desa Kalimango. Di Dusun tersebut langsung dilakukan pemantauan terhadap korban terdampak banjir. Sekaligus berkomunikasi dengan masyarakat Korban banjir. Setelah itu dilanjutkan ke lokasi jembatan cinta, penghubung Dusun Kerato menuju Dusun Praya yang terputus.

Sekitar pukul 12.35 wita, wabup mendatangi Desa Merente, untuk mngecek kondisi Bendungan Marente, tempat wisata Tiu Kele dan sejumlah tempat wisata yang rusak akibat banjir bandang. Serta melakukan peninjauan terhadap pembagunan jembatan di Tiu Batu yang rencananya akan dibangun pada tahun ini.

Seluruh rangkaian kegiatan gotong royong dan bakti sosial berakhir pukul 14.00 Wita. Terkait bantuan sembako sudah tiba di Kecamatan Alas. Saat ini bantuan tersebut disimpan di Kantor Camat Alas. Selanjutnya akan dibagikan kepada masyarakat yang terdampak banjir. Berdasarkan data sementara dari Pemerintah Desa Maupun BPBD untuk masyarakat yang terdampak banjir yaitu sebanyak 724 KK. Dengan rincian sembilan rumah rusak berat, 711 rumah rusak ringan, satu rumah hanyut dan dua rumah rusak sedang.

Gotong royong ini diikuti oleh Kapolsek Alas, AKP. Djoko R.S Gatot, Danki Yon B Pelopor Sumbawa, AKP Nurdin, Kasat Samapta Polres Sumbawa, AKP. Mulyadi, SH, Danramil Alas, Kapten Inf. Armansyah, Danton Kipan B Yonif 742/SWY, Letda Inf. Sutarman, Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Sumbawa Dr. Rusdianto AR. M.Pd, personel TNI dari Kodim 1607/Sumbawa, personel Polres Sumbawa, personel Yon B Brimob Sumbawa, personel Kompi Senapan B Yonif 742 /SWY, para relawan radio Orari Sumbawa, BPBD serta masyarakat yang berjumlah sekitar 100 orang. (pol)

BERITA TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img

BERITA Popular

Recent Comments

error: Content is protected !!