21 Mei 2022
Google search engine
BerandaDompuDompu Terima Tropi sebagai Daerah Percontohan Kader Siaga Rabies

Dompu Terima Tropi sebagai Daerah Percontohan Kader Siaga Rabies

Dompu, pelitanews – Kementerian Pertanian Republik Indonesia melalui Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan memberikan Tropi Daerah Percontohan Kader Siaga Rabies (KASIRA) kepada Kabupaten Dompu.

Penghargaan tersebut diterima Wakil Bupati (Wabup) Dompu, H. Syahrul Parsan, ST.MT dari Sekertaris Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian R.I, Drh. Syamsul Ma’arif, M.Si, saat dilounchingnya Kader Siaga Rabies (KASIRA), Rabu (09/02/22) di Hotel Golden Palace Mataram.

Hadir dalam kegiatan tersebut Gubernur NTB, Dr. H. Zulkifliemasyah, SE.M.Sc, Sekertaris Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan, Drh. Syamsul Ma’arif, M.Si, Bupati/ Walikota Se-Pulau Sumbawa dan Kadis Peternakan dan Kesehatan Hewan Se-Pulau Sumbawa.

Gubernur NTB pada kesempatan memberikan sambutan mengatakan Rabies masih menjadi permasalahan di NTB, karena masih dijumpai kasus gigitan anjing yg menyebabkan kematian.

“Kasus gigitan masih terus berlangsung di Pulau Sumbawa baik yang berakibat fatal maupun yang bisa disembuhkan, dan kasus tersebut terjadi di Kabupaten Dompu dan Kabupaten Sumbawa” katanya.

Bang Zul melanjutnya diawal tahun 2022 sudah ada laporan kasus gigitan anjing di Pulau Sumbawa.

“Di tahun 2022 di Kabupaten Sumbawa terdapat 6 gigitan dan laporan gigitan pada 8 org di Kabupaten Bima, dan juga di laporkan kasus gigitan terjadi pula di Kota Bima dengan 1 kasus gigitan”, ucapnya.

Selanjutnya Bang Zul memberikan apresiasi atas upaya Direktorat Kesmavet, Ditjen Peternakan dan Keswan Kementan R.I dalam penguatan kelembagaan masyarakat berbasis partisipasi melalui pembentukan Kader Siaga Rabies. “Upaya yang dilakukan Direktorat Kesmavet sangat bermanfaat dalam mengurangi kasus rabies”, sebutnya.
Lebih lanjut Gubernur menyampaikan untuk mencegah dan menanggulangi problem rabies, sebagai kepala daerah dirinya telah mengintruksikan kepada Bupati dan Wali Kota agar serius mendukung penanganan rabies.

“Dukungan yang diberikan dengan pembentukan dan penyediaan bantuan operasionalisasi Kasira, agar lebih efektif dalam pengendalian rabies”, ungkapnya.

Kegiatan launching berlangsung tertib, aman dan lancar yang dilanjutkan dengan penyerahan Tropi Penghargaan Kepala Daerah Percontohan Pembentukan Kader Siaga Rabies oleh Direktorat Petenakan dan Kesehatan Hewan Kementan R.I. (*/np))

BERITA TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img

BERITA Popular

Recent Comments

error: Content is protected !!