20 Mei 2022
Google search engine
BerandaNTBDongkrak Ekspor, Pasar Mancanegara Minati Produk UMKM NTB

Dongkrak Ekspor, Pasar Mancanegara Minati Produk UMKM NTB

LOMBOK BARAT, PELITANEWS – Gubernur NTB diwakili Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setdaprov NTB Ir. H.uhammad Husni, M.Si menyatakan, produk-produk UMKM asal NTB juga menjadi salah satu pendongkrak nilai ekspor yang tidak kecil. Peran pelaku usaha dalam terus meningkatkan laju ekspor tidak kalah saing, mengingingat produk-produk UMKM dari NTB juga banyak diminati pasar mancanegara.

“Meski demikian kita mengakui nilai ekspor terbesar dari NTB masih didominasi hasil konsentrat PT Newmont Nusa Tenggara baik mineral maupun batu bara. Kita berharap ke depan ekspor migas dan non tambang dari Provinsi NTB akan terus meningkat dari tahun ke tahun. Husni menyebut hingga saat ini,” kata Asisten II H. Husni pada simbolisasi pelepasan ekspor simultan secara hybrid oleh Menteri Perdangan, Kamis (23/12/2021) di Pelabuhan Gili Mas, Lembar, Lombok Barat.

Selain itu Muhammad Husni yang sebelumnya sebagai Kepala Dinas ESDM NTB ini juga menyinggung keberadan Mandalika Sirkuit yang sebelumnya sukses menyelenggarakan IATC dan WSBK terutama berdampak pada hasil produk UMKM NTB yang banyak terserap pasar. Ia berharap agar gelaran MotoGP Maret 2022 mendatang di Mandalika Sirkuit akan semakin meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat melalui penjualan hasil komoditi produk-produk unggulan NTB termasuk hasil-hasil industri kerajinan NTB.

Menteri Perdagangan RI Muhammad Lutfi mengakui berbagai kemajuan kemajuan ekspor dari Indonesia yang diminati oleh negara-negera Erofa, Asia, Australia ataupun Amerika meningkat secara signifikan. Diharapkan hasil produk ekspor Indonesia yang semakin kompetitif akan menjadi evolusi yang luar biasa bagi kemajuan perekonomian nasional.

Terpisah Kepala Dinas Perdagangan NTB, Drs. H. Fathurrahman, M.Si menjelaskan, nilai ekspor provinsi NTB periode Januari-November 2021 tercatat sebanyak USD 1,08 Milyar. Produk ekspor utama NTB antara lain berupa bijih logam, udang, mutiara, makanan serta buah olahan dan rumput laut.

Dikatakan, pada pelepasan ekspor t akhir tahun Desember 2021 ini saja terdapat enam perusahaan dari NTB yang ikut serta. Enam perusahaan ini mencatat nilai total ekspor sebesar USD 718,8 ribu. Dari enam perusahaan ini produk ekspornya berupa rumput laut, kerajinan ketak, mutiara, vanili, indukan udang vanname dan mutiara.

Seperti diketahui pelepasan ekspor akhir tahun 2021 ini dilaksanakan secara nasional oleh Menteri Perdagangan yang dilaksanakan secara virtual. Di NTB dipusatkan di Pelabuhan Gili Mas Lembar, Lombok Barat. Selain Asisten II Setdaprov NTB juga hadir Kadis Prindag NTB, Direktur P2IE Ditjen Pengembangan Ekspor Nasional (PEN) Kemendag Maroloh Nainggolan, Perwakilan BI NTB dan anggota Forkmpinda Lombok Barat.(ntb1)

BERITA TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img

BERITA Popular

Recent Comments

error: Content is protected !!