6 Desember 2022
Google search engine
BerandaNTBGeliat Ekonomi, Sektor UMKM dan Perhotelan Raub Untung Pada Jambore Kader PKK...

Geliat Ekonomi, Sektor UMKM dan Perhotelan Raub Untung Pada Jambore Kader PKK se-NTB

Dompu, pelitanews – Kegiatan Jambore Kader PKK Tingkat Provinsi NTB, tahun 2022, di Kabupaten Dompu, ternyata membawa untuk bagi UMKM dan perhotelan di sekitar kantor Bupati Dompu.

Salahsatu pedagang kaki lima yang menjual kopi dan sate ayam, dijalan Beringin yang biasa berjualan disekitar Taman Kota dekat Kantor Bupati Dompu, Surya (50) mengaku kehadiran ribuan peserta jambore, memiliki efek ekonomi bagi pendapatan usahanya.

“Hari-hari biasa tidak terlalu ramai, namun adanya acara jambore yang berlangsung dari Kamis (11/8), membuat dagangan kami cepat laku,”katanya saat diwawancarai.

Ia mengaku dalam sehari sate yang dijual Rp.15.000, lebih cepat laku. Berbeda dengan hari biasanya. Penjual kaki lima bersama istrinya menjual kopi dan nasi ini, dalam sehari pada momentum acara ini, dipesan hingga 40 orang tamu hotel yang dekat dengan jualannya.

“Semoga pemerintah lebih banyak menggelar kegiatan dan memudahkan pinjaman KUR dan pelatihan bagi pedagang sepertinya,”harap pria asli Bima yang beristrikan wanita Dompu ini.

Surya juga berharap, kegiatan seperti ini lebih sering dan banyak dilakukan. Pemerintah Provinsi NTB dan Dompu harus lebih sering sering menggelar acara seperti ini. Menghadirkan ribuan peserta kader TP. PKK 10 Kabupaten/Kota se-NTB, dapat menjadi berkah tersendiri bagi para pedagang sepertinya.

Sementara, tukang Parkir di gedung Samakai Kabupaten Dompu , Jumadin (32) yang biasa mangkal dan parkir di gedung tersebut mengaku selama dua hari, Kota Dompu ramai sekali.

“Lumayan ramai, sehingga membawa banyak yang belanja dan parkir,”,ujar Jumadin usai acara ramah tamah kader PKK se-NTB.

Hal yang sama disampaikan resepsionis Hotel Adhiyaksa Dompu, Erlan (30) bahwa kamar dihotel yang dijaganya sudah pull.

“Ibu-ibu kader TP. PKK Provinsi memresannya, 2 bulan yang lalu,”ungkapnya saat melayani tamu hotel.

Hotel Adhiyaksa memiliki 19 kamar, dengan kisaran harga perkamar dari Rp. 150.000,- hingga Rp. 450.000,- perkamarnya.

“Ada sekitar 40 orang yang nginap disini,”jelas pria kelahiran Dompu ini.

Menurutnya, efek kegiatan yang menghadirkan ribuan orang ini, memiliki dampak ekonomi yang cukup signifikan terhadap sektor usaha perhotelan di Dompu.

“Bahkan seluruh hotel sudah pull, di Dompu, termasuk home stay dan wisma. Banyak tamu yang datang menanyakan sejak Rabu kemarin,”terang Arlan.

Ia berharap, acara seperti ini sering diselenggarakan, untuk mendorong pergerakan dan meningkatkan ekonomi masyarakat.

“Kaki senang dan baru kali ini ramai, sejak covid-19, dua tahun yang lalu sepi,”timpalnya.

Dilain kesempatan, pada acara ramah tamah kader PKK se-NTB, yang dihadiri Ketua TP.PKK Provinsi NTB Hj. Niken Saptarini Widyawati Zulkieflimansyah, SE., M. Sc., Ketua TP. PKK Kabupaten Dompu, Lilis Suryani H. Kader Jaelani, mengaku didaulatnya Kabupaten Dompu sebagai tuan rumah Jambore Kader PKK Tingkat Provinsi NTB, tahun 2022, membawa berkah bagi usaha kecil dan perhotelan.

“Ditunjuknya Kabupaten Dompu sebagai tuan rumah merupakan anugerah yang luar biasa buat kami. Selain sinergitas dan silaturahmi, ekonomi masyarakat Dompu bergeliat,” ungkap Ketua TP. PKK Kabupaten Dompu, didepan TP. Ketua PKK Kabupaten, perwakilan kecamatan dan perwakilan desa se-NTB.

Menurutnya, adanya Jambore Tingkat Provinsi yang ada di Kabupaten Dompu, perekonomian sektor usaha dan UMKM, baik hotel, usaha kuliner makanan ketimpal rezeqi yang berlimpah.

“Pemasukan masyarakat Dompu sangat luar biasa meningkat, kemarin ada acara siang jam 12.00, Kami mau beli nasi bungkus sudah habis, begitupun penginapan seperti hotel hampir penuh,”tutupnya. (red/ntbone)

BERITA TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img

BERITA Popular

Recent Comments

error: Content is protected !!