29 November 2022
Google search engine
BerandaNTBGubernur NTB : Tingkatkan Akuntabilitas Instansi Pemerintah Melalui Inovasi

Gubernur NTB : Tingkatkan Akuntabilitas Instansi Pemerintah Melalui Inovasi

Mataram, pelitanews – Ditengah pandemi Covid – 19 melanda, Pemerintah Provinsi NTB terus berupaya meningkatkan akuntabilitas instansi pemerintah melalui berbagai inovasi yang telah dibuat.

Hal tersebut dikatakan Gubernur NTB Dr. H. Zulkieflimansyah saat membuka evaluasi penerapan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (SAKIP) 2021 di Provinsi NTB Deputi KEMENPAN RB RI yang berlangsung di Ruang Rapat Utama (RRU) Kantor Gubernur NTB, Kamis (17/02).

“Kami dimasa pandemi telah melakukan perbaikan dalam mengolah akuntabilitas melalui berbagai inovasi aplikasi,” tutur Bang Zul sapaan akrabnya.

Berbagai inovasi tersebut, diantaranya terdapat aplikasi perencanaan penyelenggaraan atau E – Planning, merupakan aplikasi pengelolaan keuangan menuju NTB Online melalui pengembangan sistem pengelolaan keuangan pengembangan berbasis IT.

Aplikasi sistem akuntabilitas kinerja pemerintah berbasis balance scorecard atau E – kinerja, dimana aplikasi ini ditujukan untuk memudahkan proses pemantauan dan pengendalian kinerja guna meningkatkan akuntabilitas kinerja organisasi.

Aplikasi E – monev aplikasi ini menyajikan APBD provinsi NTB alokasi, realisasi fisik keuangan pada masing – masing perangkat daerah, selain tiu juga menyajikan aktifitas tender dan aktifitas non-tender yang dilakukan di NTB

Aplikasi E – Samsat, merupakan inovasi dari tim pembina Samsat NTB dalam memberikan pelayanan pembayaran pakan PNPB motor dan pembayaran PNPB STNK dengan pembayaran melalui bank NTB.

Aplikasi E – SAKIP aplikais ini dibangun dalam rangka pertanggungjawaban dan peningkatan kinerja instansi pemerintah Provinsi NTB, ditahun 2021 aplikasi ini dikembangkan oleh kabupaten Sumbawa barat, tahun 2022 akan dimanfaatkan oleh seluruh kabupaten/kota.

Aplikasi NTB Care, merupakan layanan komunikasi dua arah antara pemimpin dengan masyarakat NTB dalam mengelola pelayanan publik yang disampaikan masyarakat pada bidang pemerintahan dan pembangunan untuk diselesaikan oleh pemerintah.

“NTB care dengan sistem politik seperti sekarang menyebabkan kehadiran negara sangat dibutuhkan dengan respon yang cepat. Kami merasa sangat bahagia, kadang – kadang masyarakat yang tidak tersentuh, dengan adanya sosial media atau NTB care, kami bisa berkoordinasi dengan cepat dengan Kab/Kota yang ada di NTB akibatnya banyak masalah – masalah sosial, ekonomi dapat diselesaikan dengan cepat kehadiran negara betul – betul bisa dirasakan oleh masyarakat kami,” pungkasnya.

Bang Zul juga berharap agar capaian yang diraih oleh Provinsi NTB untuk dapat terus memberikan semangat birokrasi agar tetap semangat dalam melayani masyarakat.

“Mudah – mudahan capaian ini semakin melecut semangat Birokrasi kita utk terus bersemangat melayani masyarakat,” tutupnya. (ntbone)

BERITA TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img

BERITA Popular

Recent Comments

error: Content is protected !!