6 Desember 2022
Google search engine
BerandaNTBHari Veteran di NTB, Mengenang Pejuang Veteran Lawan Penjajah

Hari Veteran di NTB, Mengenang Pejuang Veteran Lawan Penjajah

Mataram, pelitanews – Ada banyak momen peringatan di Bulan Agustus. Tidak hanya Hari Kemerdekaan Indonesia, tapi juga ada hari bersejarah lainnya. Salah satunya Hari Veteran Nasional yang diperingati tiap tanggal 10 Agustus.

“Selamat Hari Ulang Tahun Veteran Nasional yang ke- 73, ini menjadi momentum untuk mengingat jasa veteran yang telah berjuang mempertahankan kedaulatan NKRI,” kata Asisten 1 Setda NTB, Ir. Madani Mukarom, M.Si saat membacakan sambutan Menteri Pertahanan RI, Prabowo Subianto di Pendopo Gubernur, Mataram (10/08).

Dikatakan, Hari Veteran Nasional diperingati sebagai momen penting untuk mengenang perjuangan para veteran saat melawan penjajah di Indonesia. Dengan mengenang gencatan senjata pada 10 Agustus 1949. Pada hari tersebut, para pejuang Kemerdekaan Republik Indonesia selesai melawan tentara belanda di Surakarta, Jawa Tengah.

“Tanpa perjuangan para veteran dan seluruh bangsa Indonesia maka NKRI tidak ada. Kami sebagai generasi penerus juga tidak ada seperti saat ini,” tuturnya.

Diharapkan para veteran tetap memiliki semangat juang yang tinggi dan menjadi sumber inspirasi perjuangan sehingga sebagai mampu menjadi manusia yang unggul terdepan dalam mewujudkan Indonesia maju dan sejahtera.

Sementara itu, Ketua Legiun Veteran NTB Abdul Kadir menyampaikan terimakasih kepada Gubernur NTB yang telah mendukung dan mensupport kegiatan peringatan HUT Veteran Nasional ke 73.

“Terimakasih Pak Gub, telah memberikan fasilitas kegiatan di pendopo. Sehingga acara ini berjalan lancar,” ungkapnya.

Ia yang membacakan sambutan Ketua Umum DPP Legiun Veteran RI Saiful Sulun menyampaikan bahwa peringatan Harvetnas merupakan hari yang bersejarah, hari yang sangat penting yang diawali dihentikannya permusuhan Indonesia dengan Belanda.

Ketua Umum DPP Legiun Veteran berpesan kepada seluruh veteran untuk menjaga dan memelihara nama baik veteran dan memegang teguh nilai Pancasila sebagai landasan bernegara. “Kobarkan jiwa semangat nilai-nilai juang 45 untuk seluruh rakyat Indonesia,” ujarnya.

Pada kesempatan tersebut, Asisten I Setdaprov NTB menyerahkan bendera merah putih kepada Kadis, Perikanan Kelautan, Kepala Bakesbangpoldagri dan Kepala Dinas Kominfotik diwakiliKabis Sandi L. Hamzat. Selanjutnya bendera tersebut akan dikibarkan ke sejumlah titik-titik strategis. Penyerahan bendera ini sebagai bagiann dari pengibaran 10 juta bendera se Indonesia.(red/ntbone)

BERITA TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img

BERITA Popular

Recent Comments

error: Content is protected !!