29 November 2022
Google search engine
BerandaDompuIni Poin Penting Yang di Sampaikan Bupati Dompu pada Upacara HUT Dompu...

Ini Poin Penting Yang di Sampaikan Bupati Dompu pada Upacara HUT Dompu ke 207

Dompu, pelitanews – Upacara Hari Ulang Tahun Dompu yang ke 207 digelar di Lapangan beringin Dompu, Selasa (11/4).

Pada upaca tersebut Bupati Dompu Kader Jaelani menyampaikan beberapa poin penting terkait keberhasilan pemerintah dalam membangun kesejahteraan rakyat melalui Program JARAPASAKA (Jagung, Porang, Padi, Sapi dan Ikan) yang menjadi program prioritas pemerintah daerah dalam mewujudkan Dompu Mashur (Mandiri, Sejahtera, Unggul dan Religius). “Banyak tantangan dan hambatan yang akan kita hadapi bersama dalam menyukseskan program ini,” kata Bupati.

Selain itu, Bupati juga menyampaikan suksesnya pemerintah meningkatkan pertumbuhan ekonomi yang mengalami peningkatan 4,89 persen atau naik 1,68 persen dari 3,21 persen.

Selain itu, Indeks Pembangunan Manusia pun mampu ditingkatkan menjadi 68,45 dari 67,84 poin. pada pada sektor kesehatan pravelensi stunting tahun 2021 membaik 14,3 persen dibandingkan tahun 2020 sebesar 18,72 persen, diusia harapan hidup juga meningkat 66,99. demikian pula pada sektor pendidikan dan kemampuan daya beli terus tumbuh ditengah kondisi negara yang belum stabil.

Dari sisi infrastruktur pelayanan dasar, jalan dan jembatan dan jaringan irigasi terus mengalami peningkatan. Begitu juga dengan penanganan kawasan kumuh pemukiman, penyediaan jaringan air bersih pedesaan dan peningkatan akses sanitasi semakin baik serta penanganan bencana alam yang responsif.

Berkaitan dengan lingkungan hidup, pemerintah tetap berkomitmen mengembalikan fungsi hutan dan gunung dari kerusakan melalui program dompu berjasa dengan ruang terbuka hijau di bendungan tanju dan bendungan mila. “terkait pembangunan pelabuhan nusantara di kecamatan kilo, saat ini telah memasuki tahap perencanaan penyusunan amdal, untuk kemudian pekerjaan konstruksinya, insya allah akan dimulai di tahun 2023,” harapnya.

Pada kesempatan tersebut, Bupati juga menyinggung masalah Covid-19 yang tetap ditangani pemerintah daerah sesuai dengan protokol kesehatan dan menyukseskan vaksinasi.

Bupati juga mengajak kepada semua elemen pemerintah dan masyarakat untuk bersama-sama membangun Dompu menjadi daerah yang lebih baik lagi. “Mari kita merapatkan barisan, menyatukan hati dan nurani, membulatkan tekad dengan niat yang tulus ikhlas untuk bersama-sama membangun daerah ini,” ajak Bupati.

Pada penutup Bupati menyampaikan terima kasih kepada semua elemen baik pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi NTB, DPRD, TNI/Polri, Forkopimda, Aparatur Sipil Negara (ASN), Pimpinan Dompu tempo dulu, Organisasi kemasyarakatan, warga Tani, Nelayan dan peternak serta seluruh rakyat yang telah berkontribusi membangun Bumi Nggahi Rawi Pahu selama ini. “Mari Kita Terus Bangkitkan Kebersamaan Membangun Jarapasaka Menuju Dompu Yang Mandiri, Sejahtera, Unggul Dan Religus,” tutup Bupati.

Usai memimpin upacara HUT Dompu, Bupati dan Wakil Bupati menandatangani pencanangan Zona Integritas kemudian dilanjutkan dengan Tabur Bunga di Makam Sultan Muhammad Sirajuddin di Masjid Raya Baiturrahman Dompu. (Prokopim/pelita)

BERITA TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img

BERITA Popular

Recent Comments

error: Content is protected !!