BerandaPulau SumbawaJalin Sinergitas dan Ekosistem Industri, Pemprov NTB Adakan Roadshow Industrialisasi ke KSB

Jalin Sinergitas dan Ekosistem Industri, Pemprov NTB Adakan Roadshow Industrialisasi ke KSB

Sumbawa, pelitanews – Dinas Perindustrian bekerjasama dengan Pemda Kabupaten Sumbawa Barat dan stakeholder terkait mengadakan Kegiatan Road Show dan Talk Show bertema “Industri dan Ekosistem Industri” dalam rangka Sinergitas Pengembangan Industri dalam Mendukung Kawasan Industri Maluk, bertempat Sentra IKM Poto Tano, Kabupaten Sumbawa Barat pada hari Kamis (04/08/2022).

Kegiatan ini juga bertujuan terjalinnya sinergitas dengan program pusat, provinsi kabupaten/kota dengan stakeholder terkait, terbangunnya ekosistem industri, masing masing kabupaten/kota, mendekatkan pelayanan pemerintah kepada masyarakat pelaku industri, meningkatkan daya saing produk industri, terlaksananya sosialisasi dan pendaftaran e-katalog dari UMKM masing-masing Kabupaten/kota, serta membangun ekosistem industri di Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Dalam sambutannya, Kepala Dinas Perindustrian NTB, Nuryanti., SE. ME menyampaikan roadshow ini diharapkan mampu menjadi sebuah ekosistem yang perlu diketahui oleh masyarakat dan disebarluaskan kepada khalayak ramai bahwa ekosistem industrialisasi itu sudah sangat tersistematis mulai dari hulu hilirnya.

Nuryanti menambahkan, bahwa Sumbawa Barat sudah memiliki produk tepung mocaf dengan beberapa campuran. Sehingga, kabupaten Sumbawa Barat ini akan menjadi solusi bagi permasalahan kelangkaan terigu yang akan terjadi ketika resesi ekonomi dunia.

“Produknya bahan baku pengganti terigu dan semua itu dari mocaf, ada yang dicampur dengan ketan ataupun tepung jagung sehingga campuran campuran itu membentuk karakter tersendiri untuk kue kue kering.semoga ekosistem ini segera kita finalkan dan menjadi solusi untuk kelangkaan terigu, khususnya di Indonesia dan NTB.” Tuturnya.

Dalam Kegiatan ini Kepala Dinas Perindustrian NTB mengajak para IKM/UMKM yang hadir untuk mengunjungi Klinik Konsultasi di Stand Dinas Perindustrian NTB yang membuka pelayanan Pendaftaran SIMANIS, Pendaftaran OSS (NIB), Fasilitas Sertifikat Halal, Fasilitas Sertifikat Merek, pendaftaran E-Katalog, dll, hal ini menurutnya sebuah langkah pelayanan dari pemerintah kepada masyarakat.

Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah yang menjadi Narasumber pada kegiatan ini menyampaikan, Industrialisasi merupakan salah satu ikhtiar dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat, Menurunkan angka kemiskinan dan meningkatkan ekonomi masyarakat. Industrialisasi bukan konsep yang baru, tapi siapa yang belajar ekonomi pasti mensyaratkan bahwa untuk mencapai kesejahteraan dan kemakmuran.

Contoh sederhana yang disampaikan Dr. Zul adalah setiap tahun kita akan mengalami peningkatan jumlah penjaring pekerjaan. Angkatan kerja kita setiap tahun akan meningkat. Peningkatan jumlah tenaga kerja di sektor pertanian ini tidak mungkin ditampung sepenuhnya. Industrialisasi dibutuhkan untuk membuka lapangan kerja baru yang dihasilkan oleh turunan industri itu sendiri. Sehingga industrialisasi harus dimulai dari industri yang bersahabat dengan masyarakat sehari hari. Tapi industrialisasi itu butuh intervensi sains dan teknologi dengan membutuhkan waktu yang tidak sebentar.

“Seni industrialisasi itu prosesnya panjang, berliku dan mendaki. Jadi dimulai dari masyarakat sehari hari, bukan membayangkan gedung gedung besar menjulang tinggi. Tuturnya.”

Dr. Zul juga mengapresiasi IKM yang hadir sudah berani mengolah bahan baku hingga barang setengah jadi atau barang jadi, dan dengan adanya PT AMMAN di KSB, Gubernur berharap KSB menjadi pelopor industrialisasi besar di Nusa Tenggara Barat.

“Saya bangga sudah banyak UKM yang mengolah produk mentah menjadi produk setengah jadi bahkan jadi. Jika ingin maju, stop dari sekarang dengan keberanian menjual bahan mentah keluar daerah. Tapi khusus KSB kita punya ekspektasi yang lebih, karena industri besar ada disini.” Tutupnya

Kegiatan ini dihadiri juga oleh Ketua Umum TP PKK NTB Hj. Niken Saptarini Widyawati Zulkieflimansyah, Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Sumbawa Barat Beserta OPD Terkait. (red)

BERITA TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img

BERITA Popular

Recent Comments

error: Content is protected !!