1 Desember 2022
Google search engine
BerandaBimaKadis Perikanan dan Kelautan NTB Terima Kunjungan Soal Percepatan Industrialisasi Garam Bima

Kadis Perikanan dan Kelautan NTB Terima Kunjungan Soal Percepatan Industrialisasi Garam Bima

Mataram, pelitanews – Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi NTB Muslim, ST.,M.Si menerima kunjungan dari Anggota Komisi II DPRD Provinsi NTB dan Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Bima di ruang kerjanya, Rabu, 16 Februari 2022.

Kunjungan tersebut membahas terkait percepatan industrialisasi garam di Kabupaten Bima dimana Pemerintah serius untuk menyelesaikan permasalahan garam di NTB.

Dalam kesempatan itu Kadislutkan NTB menyampaikan bahwa 3 hal yang penting diperhatikan dalam pengelolaan garam ini yang pertama adalah konstruksi tambak garam, sentuhan teknologi, dan tata kelola yang baik.

“Salah satu hal yang perlu diperhatikan yaitu gudang produksi karena untuk menampung mesin-mesin, setelah itu rampung baru kita bisa lanjut untuk menyusun SOP dan menyiapkan SDM,” ujar Muslim.

Ia juga menyoroti peran dari masing-masing stakeholder harus lebih diperjelas, serta perlu mendorong BUMD mengambil peran sebagai offtaker.

“Peran BUMD sebagai offtaker juga harus didorong agar meningkatkan semangat petani garam kita untuk meningkatkan kualitas produksinya,” jelas Muslim.

Agar garam di Bima dapat memenuhi kualitas Industri, perlu diterapkan teknologi produksi garam dengan menggunakan mesin dimana DPRD Provinsi NTB dan Kadislutkan NTB telah melakukan kunjungan ke Universitas Trunojoyo dimana teknologi produksi garam disana akan diterapkan di Kabupaten Bima.

Selain itu Pemerintah Daerah Provinsi NTB sedang dalam tahap penyusunan Peraturan Daerah tentang Perlindungan Nelayan Kecil, Pembudidaya kecil, dan Petambak Garam untuk mengatur tata kelola garam di Provinsi NTB. (perik/np)

BERITA TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img

BERITA Popular

Recent Comments

error: Content is protected !!