1 Desember 2022
Google search engine
BerandaDompuOPD Dompu Harus Berbenah Tingkatkan Kualitas Layanan Publik

OPD Dompu Harus Berbenah Tingkatkan Kualitas Layanan Publik

DOMPU – Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Dompu harus berbenah untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik.

Hal tersebut disampaikan Wakil Bupati Dompu, H. Syahrul Parsan, ST.,MT, yang didampingi Sekda Dompu, Gatot Gunawan Perantauan Putra, SKM., M.MKes, pada saat memimpin kegiatan Penyerahan Hasil Capaian Kepatuhan Standar Pelayanan Publik Tahun 2021 Lingkup Pemerintah Daerah Kabupaten Dompu.

Kegiatan penyerahan berlangsung Selasa (22/02/22) di Ruang Rapat Bupati Dompu dihadiri oleh Ketua Komisi I DPRD, Ir. Muttakun, Kapolres Dompu, AKBP Iwan Hidayat, Kejari Dompu, M. Abeto Harahap, SH MH, Dandim 1614/Dompu, Letkol Taufik, S.Sos, Pimpinan OPD terkait, Kabag lingkup Setda dan Kabid Lingkup Pemda Kabupaten Dompu.

Di momen ini Wabup menyampaikan harapannya agar organisasi perangkat daerah lingkup Pemerintah Kabupaten Dompu mulai berbenah untuk meningkatkan pelayanan kepada publik.

Menurut Wabup masih banyak persoalan yang harus terus diperbaiki dan dilakukan oleh masing-masing OPD untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada publik diantaranya dengan melengkapi SOP yang mengatur sistim, mekanisme dan prosedur, jangka waktu penyelesaian, biaya dan tarif, tidak tersedianya maklumat pelayanan, bekum adanya persyaratan standar pelayanan publik dan belum tersedianya pelayanan khusus bagi pengguna pelayanan berkebutuhan khusus serta belum tersedianya sarana pengukuran kepuasan pelanggan.

Lanjut Wabup memberikan motivasi dan arahan kepada pimpinan OPD agar kedepan hal-hal yang masih kurang tersebut dengan segera dapat diperbaiki dan dilengkapi untuk memastikan pelayan publik yang diberikan memberikan tingkat kepuasan dan kenyamanan bagi masyarakat yang dilayani.

Berikutnya Wabup menjelaskan Ombusman telah melakukan survey penilaian kepatuhan standar pelayanan kepada 4 OPD yaitu OPD Dinas DMPTSP, Dinas Dukcapil, Dinas Dikpora, Dinas Kesehatan dan 3 Puskesmas yang dijadikan sampel. Ditambahkannya penilaian dilakukan pada bulan Agustus sampai dengan bulan September dan penilaian dilakukan secara online dan offline.

“Dalam kepatuhan pelayanan publik terdapat 3 kategori penilaian yakni zona hijau dengan nilai 81.00-100, zona kuning dengan nilai 51.00-80.99, dan kategori terakhir zona merah dengan nilai 0-50.99”, terang Wabup.

Selanjutnya Wabup mengungkapkan dari penilaian tersebut Dinas DPMPTSP dari 32 item penilaian mendapat kategori zona hijau dengan nilai 93,13, Dinas Kesehatan zona kuning dengan nilai 61,87, Dukcapil zona merah dengan nilai 33,08.

“Kepada Dinas PMPTSP saya ucapkan selamat dengan hasil capaian pelayanan Zonal Hijau semoga dengan pencapaian ini akan terus meningkatkan pelayanan yang lebih baik kepada publik yang dilayani dan kepada OPD lainnya juga ikut termotivasi untuk mencapai hasil pelayanan yang lebih baik lagi”, ucap Wabup.

Acara berlangsung khidmat yang diakhir dengan penyerahan hasil capaian yang diserahkan Wakil Bupati Dompu, Ketua Komisi I DPRD, Kejari, Kapolres, Dandim dan Sejertaris Daerah Kabupaten Dompu.

Sumber : Prokopim Dompu

BERITA TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img

BERITA Popular

Recent Comments

error: Content is protected !!