6 Desember 2022
Google search engine
BerandaNTBPemprov NTB Mantapkan Tata Kelola Sampah TPAR Kebun Kongok

Pemprov NTB Mantapkan Tata Kelola Sampah TPAR Kebun Kongok

Mataram, pelitanews – Salah satu keseriusan Pemerintah Provinsi NTB memperbaiki tata kelola sampah adalah dengan menambah landfill baru di di TPA Regional (TPAR) Kebon Kongok Desa Suka Makmur, Kecamatan Gerung, Lombok Barat.

Pemrov NTB siap menggelontorkan dana pembayaran tanah sebesar 8,5 milyar untuk 5 hektar perluasan tersebut. Proses tersebut tinggal menyelesaikan tahap pembayarannya saja.

“Dengan ini pemerintah provinsi ingin mentriger agar membangun sistem sampah dan industralisasi yang baik,” jelas Sekertaris Daerah Provinsi NTB, Lalu Gita Ariadi, saat Konprensi Pers di ruang kerjanya (2/2).

Lebih jauh kepala Dinas LHK NTB Ir. Madani Mukarom menjelaskan, ditambahkan landfill baru di TPAR Kebun Kongok untuk mengatasi bertambahnya volume sampah sehingga tidak lagi terjadi penumpukan.

Selain itu, TPAR Kebun Kongok juga menambah 2 truk pengangkut sampah untuk mempercepat mobilisasi perpindahan sampah.

Kadis LHK menambahkan, mmeperbaiki tata kelola sampah di Kongok demo mendorong cita-cita Provinsi NTB untuk mewujudkan program unggulan Zerowaste dan industrilialisasi sampah.

Hingga kini di tahun 2022, Pemprov NTB mampu meningkatkan pengumpulan sampah di TPA hingga 47%. Capaian ini meningkat hingga 30% dari tahun 2018 yang hanya sejumlah 20%.

“Target kita 70% kedepannya,” tutur Kadis.

Selain memperluas landfill dan menambah angkutan truk, Pemprov NTB melalui Dinas LHK juga terus mengkampanyekan penambahan bank sampah di Desa dan pembuatan lubang biopori di setiap rumah.

“Dulu setiap rumah punya _longkang_ atau lubang pembuangan sampah. Sekarang kita kampanyekan lagi agar setiap rumah punya lubang biopori,” jelas Kadis. (ntbone)

BERITA TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img

BERITA Popular

Recent Comments

error: Content is protected !!