8 Desember 2022
Google search engine
BerandaNTBPemprov NTB Perkuat Kerjasama Program Berbasis Tekhnologi dengan Sumbawa dan KSB

Pemprov NTB Perkuat Kerjasama Program Berbasis Tekhnologi dengan Sumbawa dan KSB

Mataram, pelitanews – Pemerintah Provinsi NTB perkuat kerjasama dan kolaborasi Program Pengelolaan berbasis Teknologi Informasi dengan pemerintah Kabupaten Sumbawa dan Kabupaten Sumbawa Barat. Kerjasama itu didukung melalui penandatanganan MOU antara gubernur NTB dengan bupati walikota se-NTB. Kemudian diperkuat dengan Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara Dinas Kominfotik NTB dengan Dinas Kominfotik di seluruh kabupaten kota.

Usai kunjungan kerja ke Pemerintah Kota Bima, Kabupaten Bima dan Kabupaten Dompu. Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik (Kominfotik) Provinsi NTB kemudian berkunjung ke kabupaten Sumbawa dan Kabupaten Sumbawa Barat. Kunjungan kerja Dinas Kominfotik NTB diawali dengan bertemu Wakil Bupati Sumbawa, Dewi Noviany yang didampingi kepala Dinas Kominfotik Sumbawa di ruang Kerjanya, Jumat (21/01).

Kepala Dinas Kominfotik NTB, Dr. Najamudin Amy mengatakan bahwa kunjungan ini untuk memperkuat kolaborasi dan sinergi Program Pengelolaan berbasis Teknologi Informasi yang diantaranya seperti program Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE), Desiminasi Informasi, Pengelolaan Data dan Informasi Pembangunan Daerah Terintegrasi dalam NTB Satu Data serta sinergi bersama Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik memalui Aplikasi NTB Care.

“Leading sektor dari semua program teknologi ini membutuhkan peran dan sinergi bersama antara Dinas Kominfotik NTB dengan Dinas Kominfotik seluruh kabupaten kota. Sehingga program pembangunan di NTB dan masing-masing daerah dapat berjalan dengan baik,” ungkap Pria yang akrab disapa Dr. Najam.

Menurutnya, segala program pembangunan Provinsi NTB yang berbasis teknologi informasi tidak dapat terwujud tanpa sinergitas dan kolaborasi bersama pemerintah kabupaten kota. Misalnya, program NTB Care dan NTB Satu adalah dua aplikasi yang memilki kematangan inovasi sangat baik dalam penilaian indeks inovasi daerah (IID) 2021 kemarin.

Keduanya melengkapi 62 inovasi berbasis aplikasi digital dari 82 inovasi pelayanan publik Pemprov NTB yang disertakan dalam Innovation Government Award (IGA) 2021. Kinerja ini mengantarkan NTB sebagai Provinsi Terinovatif 2021 bersama lima provinsi lainnya. Begitu juga dengan Aplikasi NTB Care yang sudah memasuki tahapan ketiga yaitu mature system (tahapan tindak lanjut) yang membutuhkan sinergi dan kolaborasi agar tim kabupaten kota bisa progreaif dan proaktif bersama tim NTB Care provinsi hadir ditengah masyarakat dan memberi solusi.

Menanggapi hal itu, Wakil Bupati Sumbawa, Dewi Noviany mengapresiasi kunjungan yang dilakukan oleh Dinas Kominfotik NTB di seluruh kabupaten kota. Hal ini tentu akan sangat membantu OPD terkait dalam mengakselerasikan inovasi-inovasi teknologi dalam memberikan layanan terbaik kepada masyarakat. Banyak hal yang harus disinergikan oleh OPD terkait dengan dinas Kominfotik NTB dalam memanfaatkan teknologi informasi yang berkembang saat ini.

“Begitu juga dengan layanan NTB Care. Alhamdulillah selama ini, kami selalu bergerak cepat jika ada masyarakat kami yang menyampaikan aduan melalui NTB Care. Terima kasih Tim NTB Care yang begitu intens berkomunikasi untuk mempercepat pelayanan kepada masyarakat. Kuncinya adalah sinergi dan kolaborasi,” ungkap Wabup dihadapan rombongan Dinas Kominfotik NTB.

Dalam kesempatan yang berbeda, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sumbawa Barat, Amar Nurmansyah mengatakan, pemerintah KSB sangat mendukung terkait langkah inovasi-inovasi yang dilakukan oleh pemerintah Provinsi NTB terutama melayani masyarakat dengan memanfaatkan teknologi informasi yang berkembang.

“Di Pemprov NTB ada layanan NTB Care. Sedangkan di KSB ada Forum Yasinan, Forum pertemuan tiap malam Jum’at sekaligus menyerap aspirasi masyarakat secara langsung. Pola ini akan diintegrasikan dengan aplikasi NTB Care meski berbeda tapi tujuannya sama,” ungkap Sekda saat menyambut rombongan Dinas Kominfotik NTB di ruang kerjanya.

Begitu juga dengan program NTB Satu Data, lanjut Sekda, komitmen pemerintah KSB hubungan NTB Satu Data dengan Basis data Posyandu sedang dijalankan. Dan ini sudah dimanfaatkan dalam mensukseskan kegiatan vaksinasi di KSB.

“Langkah merupakan upaya kami dalam mendukung berbagai program pengelolaan teknologi informasi di NTB. Karena manfaatkan bukan hanya dirasakan oleh pemerintah provinsi tapi juga sangat bermanfaat bagi pemerintah KSB,” akuinya.

Dalam kunjungan tersebut, Kepala dinas Kominfok juga didampingi oleh Tim NTB Care Bidang Sandi, Tim PPID Bidang IKP, Tim SPBE Bidang PTIK dan Tim NTB Satu Data Bidang Statistik. (ntbone)

BERITA TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img

BERITA Popular

Recent Comments

error: Content is protected !!