19 Agustus 2022
Google search engine
BerandaLombok TengahPerdana, Rangers in Bilebante Melaksanakan Qurban Tanpa Plastik

Perdana, Rangers in Bilebante Melaksanakan Qurban Tanpa Plastik

Lombok Tengah, pelitanews – Para pemuda yang tergabung dalam Rangers in Bilebante (Program Pendampingan Pengelolaan Sampah yang dilaksanakan oleh DDOROCARE dan Greeneration Foundation dan didukung oleh NZ Embassy) melaksanakan qurban di Dusun Dasan Telaga, Karang Ide 1, Desa Bilebante, Kec. Pringgarata, Lombok Tengah pada Minggu, 10 Juli 2022.

Ramdhan Zoelva, salah satu Rangers disana menjelaskan, ini adalah momen pertama kalinya kami melaksanakan qurban tanpa plastik di Desa Bilebante. Kegiatan ini kami lakukan untuk mengedukasi masyarakat agar mengurangi penggunaan plastik sekali pakai.

“Momen qurban ini kami manfaatkan untuk melakukan edukasi kepada masyarakat untuk mendukung desa wisata hijau di Bilebante dan mendukung program NTB Zero Waste,” ungkapnya.

Zoel sapaan akrabnya melanjutkan, kami menggunakan daun pisang sebagai alternatif pengganti kemasan plastik sekali pakai agar lebih ramah lingkungan. Gerakan yang kami lakukan ini semoga bisa memberikan inspirasi bagi panitia qurban lainnya di NTB untuk mengurangi sampah kemasan plastik sekali pakai.

“Kalau menggunakan plastik sekali pakai kan agak lama untuk terurai di bumi, makanya kami menggunakan daun pisang agar lebih ramah lingkungan. semoga saja gerakan ini bisa ditiru oleh yang lain” jelasnya.

Sementara itu, Direktur Eksekutif DDOROCARE, Muhamad Wahyu Rosadi mengapresiasi gerakan yang dilakukan oleh Rangers in Bilebante. Gerakan ini bagus sekali untuk ditiru oleh panitia yang melaksanakan qurban di NTB.

“Seharusnya gerakan seperti ini bisa ditiru juga oleh panitia qurban yang lain di NTB. Supaya tidak ada sampah kemasan plastik yang dihasilkan saat berqurban,” terangnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Manager Community Empowerment Greeneration Foundation, Dimas Teguh Prasetyo. Momentum berqurban ini mengingatkan kita akan indahnya berbagi. Semangat berbagi baiknya tidak egois, bukan hanya untuk sesama manusia, melainkan juga dengan alam.

“Cara berbagi hewan qurban dengan wadah organik yang dilakukan oleh warga Desa Bilebante merupakan sebuah perwujudan nyata hubungan manusia dan alamnya. Semoga praktik baik ini bisa terus dilanjutkan,” jelasnya. (*)

BERITA TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img

BERITA Popular

Recent Comments

error: Content is protected !!