10 Mei 2022
Google search engine
BerandaDompuPerkuat Program Jarapasaka, Pemda Dompu Gelar Expert Meeting

Perkuat Program Jarapasaka, Pemda Dompu Gelar Expert Meeting

Mataram, pelitanews – Memperkuat Program Jarapasaka yang menjadi Program Unggulan Kabupaten Dompu dibawah kepemimpinan Bupati dan Wakil Bupati Dompu, Kader Jaelani dan H. Syahrul Parsan, ST.MT, Pemerintah Kabupaten Dompu menggelar Expert Meeting, Kamis (13/01).

Expert meeting yang dilaksanakan di Hotel Santika Lombok Provinsi Nusa Tenggara Barat dihadiri oleh Bupati Dompu, Kepala Bappeda dan Litbang, Kadis Peternakan dan Kesehatan Hewan, Kadis Pertanian dan Perkebunan, Kadis Kelautan dan Perikanan, Kepala BPKAD, dan Tenaga Ahli, Arifuddin, SE.

Hadir juga Kepala Bappeda dan Litbang NTB, diwakili Kabid Perencanaan Ekonomi, para pakar yang tergabung dalam Center For Suitainable Farm System (CESFARMS) Universitas Mataram yang terdiri dari Ahli Porang, Prof. Suwardji, Ahli Peternakan, Prof. Dahlanuddin, Ahli Pengolahan Lahan Pertanian, Dr. Sukartono, Ahli Komunikasi Penyuluhan, Dr. Mukhtasam, Ahli Agribisnis, Dr. I Gusti Lanang Parta Tanaya, P.HD dan Ahli Agronomi, Nurrachman, M.Si.

Pada saat memberikan sambutan dalam acara tersebut Bupati AKJ menyampaikan ucapan terima kasih kepada Universtas Mataram yang telah memfasilitasi kegiatan Expert Meeting sehingga berjalan lancar, aman dan tertib.

Bupati AKJ menyebut kegiatan Expert Meeting sangat membantu Pemda Kabupaten Dompu dalam mengembangkan program unggulan tersebut sehingga dapat memberikan manfaat yang besar bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat, sehingga besar harapan Bupati AKJ mendapatkan masukan dan saran dari para pakar.

“kami mengharapkan masukan, usul dan saran dari para pakar, untuk mendukung suksesnya program ini”, harapnya.

Kepala Bappeda dan Litbang Kabupaten Dompu, Drs. H. Gaziamansyuri, M.AP dalam kegiatan tersebut menjelakan pengelolaan Jarapasaka direncanakan akan melibatkan berbagai stakeholder yaitu petani dan kelompok tani, koperasi, BUMDES, dan perusahaan daerah.

“Adanya mata rantai pengembangan Jarapasaka tersebut diharapkan akan menjadi siklus bisnis pedesaan” terangnya.

H.Gazi menjelaskan dalam upaya mewujudkan rencana pengembangan Jarapasaka itu dipandang perlu untuk melaksanakan konsultasi dalam bentuk meeting bersama akademisi yang memiliki expert dalam urusan pertanian, peternakan, dan agribisnis.

Selanjutnya Kepala Bappeda dan Litbang yang sebelumnya pernah menjabat sebagai Asisten Administrasi Umum Setda Dompu tersebut mengungkapkan, sebagai lembaga pendidikan tinggi, dalam pengembangan Program Jarapasaka ini, melalui CESFRAMS memiliki tugas dan peran dalam pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

“Mewujudkan tugas dan peran tersebut, melalui forum Expert Meeting, para pakar memberikan masukan untuk perangkat daerah, pengampu Program Perioritas Jarapasaka, terkait pelaksanaan program kegiatan untuk mempercepat akselarasi pencapaian RPJMD, utamanya pengembangan Jarapasaka”, terangnya.

Mengakhiri penyampaiannya H. Gazi menjelaskan ada peran penting para pakar dalam pengembangan Program Jarapasaka di daerah Nggahi Rawi Pahu.

“Perannya adalah mengoptimalkan potensi daerah dengan tetap memperhatikan keberlanjutan program, daya dukung dan daya tampung lingkungan, Pemberdayaan masyarakat melalui peningkatan kapasitas dan penyediaan sarana dan prasarana unggulan daerah, Keberpihakan anggaran untuk mendukung program prioritas, Pembenahan kelembagaan petani dan nelayan, Peningkatan peran Bumdes dalam pemasaran produk unggulan, Pembangunan Embung Mikro, Konservasi lahan kering, Inovasi dan tekhnologi budidaya lahan kering dan pengelolaan padi spesifik lokal dan Membatasi penggunaan lahan dengan kemiringan yang ekstrim untuk pertanian” tutupnya. (np)

BERITA TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img

BERITA Popular

Recent Comments

error: Content is protected !!