13 Mei 2022
Google search engine
BerandaPulau LombokProduk UMKM NTB berkualitas, Dibeli Presiden Jokowi dan Ibu Iriana

Produk UMKM NTB berkualitas, Dibeli Presiden Jokowi dan Ibu Iriana

LOMBOK – Produk-produk UMKM NTB dinilai memiliki keunikan tersendiri dan mempunyai kualitas yang setara dengan produk-produk lainnya. Salah satu produk adalah sepatu tenun buatan perajin asal Pringgasela Lombok Timur. Produk ini terbilang cukup unik karena memadukan kain tenun dengan sepatu. Bahkan dalam pembuatannya, dikerjakan oleh tangan tangan terampil yang tradisional tanpa sentuhan pabrikan.

Begitu halnya dengan produk tas berbahan rumput ketak hasil produksi UMKM Mawar Ketak Lombok yang tak kalah menarik kualitas dan keunikannya. Menggunakan bahan baku langsung dari alam membuat tas berbahan rumput Ketak menjadi primadona bagi pecinta anyaman dan produk tradisional.

Karena keunikan dan kualitasnya terjamin, Presiden RI Ir. H. Joko Widodo di sela-sela kunjungannya ke Sirkuit MotoGP dan Kawasan Mandalika Lombok Tengah, Kamis (13/01). Presiden menyempatkan diri mampir dan membeli sepasang sepatu berwarna merah dengan kombinasi kain tenun sundawa hasil produksi UMKM Sentosa Sasak Tenun dari Desa Pringgasela. Di sisi lain, Ibu Iriana membeli dua buah tas berbahan rumput ketak hasil produksi UMKM Mawar Ketak Lombok.

Dalam kunjungannya di NTB, Presiden Jokowi didampingi Gubernur NTB Dr. H. Zulkieflimansyah dan Wakil Gubernur NTB, Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalilah. Tak hanya membeli produk lokal NTB, Kepala Negara pun turut memberikan bantuan tunai secara langsung kepada beberapa penjual produk UMKM, Momen Presiden Jokowi membeli sepatu itu dibagikan Wakil Gubernur NTB Sitti Rohmi Djalilah lewat media sosial Facebook.

“Saat mengunjungi UMKM di Mandalika, Alhamdulillah, Presiden Joko Widodo membeli Sepatu Produk Pringgasela, Lombok Timur. Sepatu dengan motif sundawa itu dibeli seharga Rp 350 Ribu. Terima Kasih Bapak Presiden,” tulis Wagub NTB dalam akun Facebook pribadinya.

Sementara Perajin sepatu tenun Pringgasela, Muhammad Maliki mengaku senang dan terharu ketika produk buatannya dibeli oleh orang nomor satu di Republik Indonesia.

“Perasaan saya sangat luar biasa, terharu juga. Pak presiden datang langsung ke stan saya dan membeli produk saya, saya sangat bangga dan senang,” kata Maliki saat diwawancara di gerai Bazaar Mandalika.

Maliki mengaku, sepatu tersebut memiliki keunikan karena masih dikerjakan dengan tangan secara manual atau hand made. Sepasang sepatu tenun motif Sundawa seperti yang dibeli Presiden Jokowi itu biasanya dijual seharga Rp 350.000.

“Sempat pak Presiden bilang ini unik, bagus. Makanya langsung dibeli,” terang Maliki. Maliki menambahkan, sepatu tenun itu tak hanya dipasarkan di Indonesia, tetapi telah menembus pasar Amerika Serikat.

Setidaknya, sebanyak 150 pasang sepatu tenun Pringgasela telah dipasarkan ke luar negeri. Namun, pandemi Covid-19 sempat menghambat pengiriman sepatu tersebut ke luar negeri.

Sepatu tenun buatan perajin di Pringgasela ini terbilang cukup unik karena memadukan kain tenun dengan sepatu.

Yang membuat mereka tertarik dengan produk ini keunikan dari sepatu ini karena berbahan tenun yang dikerjakan oleh tangan tangan terampil yang tradisional. Jadi itulah keunikan sepatu ini bahannya tidak dari pabrikan,” kata Maliki.

Turut mendampingi Presiden dan Ibu Iriana antara lain Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya, Menteri Koperasi dan UMKM Teten Masduki, dan Komandan Lapangan MotoGP Mandalika 2022 Hadi Tjahjanto.(ntbone)

BERITA TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img

BERITA Popular

Recent Comments

error: Content is protected !!