19 Agustus 2022
Google search engine
BerandaPulau SumbawaSukses Gelar Dekopinda Cup, Dekopinda Dorong Inovasi dan Transpormasi Koperasi Bangun Perekonomian

Sukses Gelar Dekopinda Cup, Dekopinda Dorong Inovasi dan Transpormasi Koperasi Bangun Perekonomian

Pelitanews, Sumbawa Besar – Dalam rangka memperingati HARKOPNAS Ke-75, Dekopinda menyelenggarakan Dekopinda Cup berupa Lomba Inovasi Koperasi pada Kamis, 28 Juli 2022 di halaman Diskoperindag Kabupaten Sumbawa.

Kegiatan yang diikuti 8 (delapan) Koperasi dan dihadiri sekitar puluhan perwakilan pengurus koperasi mewakili gerakan koperasi yang ikut menyaksikan perlombaan tersebut.

Ketua Dekopinda Sumbawa, Rai Saputra, SIP, dalam sambutannya menyampaikan, “Semangat DEKOPINDA CUP 2022 ini sebagai langkah awal menjawab tema besar HARKOPNAS KE 75 yakni transformasi Koperasi untuk Ekonomi Berkelanjutan. Sehingga di tahun pertama ini DEKOPINDA CUP menghadirkan 8 (delapan) Koperasi inovatif memaparkan skema inovasi Koperasi mereka. Dua Koperasi memaparkan dari sisi inovasi manajemen/ organisasi yakni Koperasi Lisna dan KPN Garuda. Kemudian inovasi Usaha diikuti dua Koperasi yakni Koperasi Syariah BMT Insan Samawa dan KPN Bhakti Husada. Adapun kategori inovasi produk diikuti oleh Koperasi Puncak Ngengas, Kopwan Annisa, Koperasi Laut Biru dan Koperasi Virginia.”

“Harapannya Dekopinda Cup ini akan menjadi agenda tahunan Dekopinda Sumbawa bersama Diskoperindag Sumbawa untuk memotivasi transformasi dan inovasi Koperasi dan melahirkan koperasi koperasi unggul di sektor penguatan ekonomi masyarakat dan mampu menjadi pilot projek Koperasi lain yang juga ingin bertransformasi”, harap H. Rai.

Masih Rai, “Untuk itu diharapkan Koperasi yang menjadi pemenang dekopinda cup dapat terus dibersamai dan didampingi oleh stakeholder terkait baik dekopinda, Diskoperindag, dewan serta akademisi dari sisi penguatan inovasi untuk menjaga sustainibility inovasi yang telah diawali. “

Sementata itu Riki Tresnahady, Kepala Diskoperindag Kabupaten Sumbawa mengapresiasi atas terselenggaranya lomba inovasi Koperasi ini. “Lomba ini diharapkan menjadi ajang melahirkan koperas-koperasi yang lebih concern membangun sektor real untuk penguatan perekonomian di Kabupaten Sumbawa. Dengan pengembangan basis sektor real, maka Koperasi ikut memperkuat jejaring Ekonomi yang ada di Sumbawa, termasuk UKM” pungkasnya.

Ditempat ya sama, Dewan Pengawas Dekopinda Sumbawa A Rahman memaparkan, “transformasi Koperasi ke ranah sektor real menjadi hal yang sangat penting mengingat skema Sektor real lebih menguntungkan Koperasi. Mengingat skema pembungaan uang sangat terbatas persentase keuntungan yang diambil, tetapi ketika berbisnis Sektor real seperti jualan sembako, maka keuntungan yang diambil bisa 5 hingga 10%”, tegas mantan Ketua Dekopinda Sumbawa periode 2016 – 2021 ini.

Adapun yang bertindak sebagai dewan juri pada kegiatan Dekopinda Cup perdana ini adalah Kepala Cabang Bank NTB Syariah Sumbawa Yenni Juliana, Dekan Fakultas Ekonomi UTS M. Nurjihadi, M Si., dan Kepala Bidang Koperasi & UKM Diskoperindag Sumbawa M. Ali, S Sos. M, Si.

Koperasi Lisna PLN berhasil meraih juara di Kategori Inovasi Manajemen, kemudian Kategori inovasi usaha diraih Koperasi Bhakti Husada dan di kategori Inovasi Produk diraih Koperasi Virginia Buer.

Kegiatan yang mendapat suport dari Bank NTB Syariah, PT AMNT, serta Gerakan Koperasi Se Kabupaten Sumbawa ini berjalan lancar dan penuh semarak.

BERITA TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img

BERITA Popular

Recent Comments

error: Content is protected !!