4 Juli 2022
Google search engine
BerandaDompuTingkatkan Kapasitas Petani dan Penyuluh, Johan Rosihan Kembali Buka Bimtek dan Sosialisasi...

Tingkatkan Kapasitas Petani dan Penyuluh, Johan Rosihan Kembali Buka Bimtek dan Sosialisasi Tanaman Pangan Di Dompu

Dompu, pelitanews – Anggota Komisi IV DPR RI Fraksi PKS, Johan Rosihan, ST, kembali membuka kegiatan Bimbingan Teknis (BIMTEK) dan Sosialisasi Tanaman Pangan, di Kabupaten Dompu, Kamis, (05/22). Pagi.

Kegiatan yang dilaksanakan di Hotel Tursina Dompu itu dihadiri oleh Perwakilan Kementerian Pertanian RI (Direktorat Jenderal Tanaman Pangan), perwakilan Dinas Pertanian Kabupaten Dompu, dan diikuti oleh ratusan peserta yang terdiri dari kelompok tani dan penyuluh.

Johan Rosihan, dalam sambutannya menjelaskan Bimbingan Tekhis (BIMTEK) dan Sosialisasi Tanaman Pangan tersebut dilakukan semata-mata demi mendorong kapasitas petani dan penyuluh kita di Kabupaten Dompu.

Kegiatan ini dilaksanakan di seluruh Indonesia, tetapi hanya dilaksanakan oleh Anggota DPR RI yang masuk di Komisi IV katanya.

“Ini merupakan hasil dari refocusing anggaran yang dilakukan oleh Komisi IV sebagai bentuk nyata dukungan kita kepada para petani dan penyuluh di daerah,” ungkapnya.

Lebih jauh, Johan berharap agar (BIMTEK) ini, bisa mendorong kreatifitas dan inovasi para petani kita di tengah tantangan zaman kemajuan teknologi dan COVID-19 yang tidak bisa lagi terelakkan.

“Pupuk kita langka, harga gabah kita anjlok. Ini adalah serangkaian masalah yang selalu terjadi secara berulang-ulang. Kalau kita tidak kreatif, maka kita akan terpuruk dengan kondisi,” terang Johan.

Untuk itu, Politisi PKS asal Sumbawa yang akrab disapa HJR ini, beranggapan bahwa perlu ada satu langkah bersama dari hulu sampai hilir untuk mendorong dan mendampingi petani-petani kita untuk bisa lebih survive dalam berbagai kondisi.

“Jika pupuk langka, kita masih bisa pake pupuk organik, dulu saya pernah mencoba dan hasilnya tidak mengecewakan. Kalau harga gabah sedang anjlok, maka jangan dulu jual semuanya. Simpan dulu sebagian sampai harga kembali normal,” pungkasnya.

Menurut Johan, sebagai petani kita harus bisa bertahan dalam berbagai kondisi. Marilah kita menjadi petani-petani tangguh yang memiliki kapasitas dan berdaya. Jika sudah demikian, maka isi tas akan mengikuti.

Diakhir sambutannya, semoga BIMTEK ini bisa menghasilkan ilmu yang bermanfaat, bagi penyuluh, agar diterapkan pada saat melakukan aktifitas dilapangan, serta berbagi kepada petani lainnya yang tidak sempat hadir mengikuti kegiatan ini. Tutupnya. (**)

BERITA TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img

BERITA Popular

Recent Comments

error: Content is protected !!