9 Mei 2022
Google search engine
BerandaDompuPemda Dompu Akan Gelar MTQ, Sekda : Ini Upaya Untuk Membangun Religiusitas...

Pemda Dompu Akan Gelar MTQ, Sekda : Ini Upaya Untuk Membangun Religiusitas Masyarakat

Dompu, pelitanews – Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Dompu dalam waktu dekat akan menggelar Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) XXIX Tahun 2022.

“MTQ akan berlangsung selama sepekan dari tanggal 20-26 Januari 2022 di Lapangan Beringin Dompu” Ungkap Sekretaris Daerah (Sekda) Dompu Gatot Gunawan Perantauan Putra, SKM, MM dilansir dari setda.dompukab.go.id (18/1).

Kegiatan MTQ Perdana di Era Kepemimpinan AKJ-SYAH ini, menurut Sekda selaku ketua panitia merupakan implementasi dari visi Dompu Mashur khususnya pada komponen religius.

“MTQ adalah upaya pemerintah daerah untuk membangun religiusitas masyarakat dengan terwujudnya nilai-nilai hakiki seperti keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT agar bisa lebih meningkat lebih baik dan juga nilai-nilai hakiki tersebut bisa dipraktekkan di kehidupan sehari-hari sehingga suasana kehidupan baik kemasyarakatan, berbangsa maupun bernegara dapat berjalan secara sejuk, damai dan harmonis” katanya.

Sekda menuturkan bahwa menurut rencana Event MTQ XXIX akan terpusat di tiga tempat, dan dibagi sesuai dengan jenis lomba.

Di Arena Utama Lapangan Beringin akan dilaksanakan kegiatan MTQ Cabang /Golongan Lomba Tilawah, antara lain; Golongan Tartil Al-Quran, Golongan Tilawah anak-anak, Golongan Tilawah Remaja, Golongan Tilawah Dewasa, Golongan Cacat Netra, Golongan Qira’ati Mujawwad Dewasa, Golongan Qira’ati Murattal Dewasa, dan Golongan Qira’ati Murattal Remaja.

Kemudian Arena II Di Masjid Agung Baiturrahman Dompu, akan dilombakan Cabang Lomba Tahfidz Al-Quran dan Tafsir Al-Quran antara lain; Golongan 1 Juz dan Tilawah, Golongan 5 Juz dan Tilawah, Golongan 10 Juz, Golongan 20 Juz, Golongan 30 Juz, dan juga Golongan Tafsir Al-Quran (Tafsir Bahasa Arab, Tafsir Bahasa Inggris dan Tafsir Bahasa Indonesia).

Arena III di Gedung PKK Dompu, akan dilaksanakan lomba antara lain; Cabang Fahmil Quran, Cabang Syahril Quran dan Cabang Menulis Makalah Isi Kandungan Al-Quran. Di Arena IV Gedung Dharma Wanita Dompu, akan dilaksanakan Mata Lomba Cabang Kaligrafi Al-Quran (Golongan Hiasan Mushaf Al-Quran, Golongan Dekorasi Al-Quran, Golongan Naskah Al-Quran, dan Golongan Kontemporer Al-Quran.

Perhelatan Akbar di Era AKJ-SYAH itu, akan dibuka secara resmi oleh Bupati Dompu, Kader Jaelani, yang akan dimeriahkan dengan kehadiran Qori Internasional yang terdiri dari Ustd. Syamsuri Firdaus Bima, Ustd. Salman Amrullah Bandung, Ustd. Darwin Hasibuan Medan.

“Persiapan telah dimantapkan, berbagai hal penting untuk kelancaran MTQ dikerahkan untuk bisa terlaksana sesuai harapan, mulai dari dekorasi panggung, persiapan arena untuk pelaksanaan lomba, penyiapan terop para tamu undangan di acara pembukaan serta berbagai hal teknis lainnya sedang digenjot penyelesaiannya” tuturnya.(np)

BERITA TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img

BERITA Popular

Recent Comments

error: Content is protected !!