6 Desember 2022
Google search engine
BerandaNasionalProvinsi NTB Raih Terbaik I dan Terbaik III Dalam Penganugerahan Dewan Energi...

Provinsi NTB Raih Terbaik I dan Terbaik III Dalam Penganugerahan Dewan Energi Nasional

Mataram, pelitanews – Provinsi Nusa Tenggara Barat Kembali meraih prestasi tingkat nasional. Kali ini Provinsi NTB mendapat penghargaan yang diberikan oleh Pusat Studi Hukum Energi dan Pertambangan (PUSHEP) dan Dewan Energi Nasional (DEN) saat menggelar Malam Anugerah DEN 2022 / Energy Award kepada Pemerintah Daerah, Jumat (21/10), di Auditorium Binakarna Hotel Bidakara Grand Pancoran – Jakarta.

Provinsi NTB yang diwakili oleh Wakil Gubernur NTB, Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalilah menerima penghargaan dalam 2 (dua) kategori yaitu sebagai Provinsi Terbaik Pertama dalam Kategori Daerah yang Mengoptimalkan Penggunaan Energi Baru Terbarukan (EBT) dan Provinsi terbaik ke 3 (tiga) dalam Kategori Daerah tercepat menetapan Perda RUED.

“Penghargaan ini tentunya menambah semangat kita di NTB untuk Net Zero Emmision 2050 dan penerapan energi terbarukan. Jadi banyak hal yang harus kita lakukan untuk mem-follow up goal kita. Insya Allah termasuk juga pergub dan instruksi gubernur yang lain untuk mempercepat proses transfer energi daripada energi fosil menuju energi terbarukan,” ungkap Wagub NTB yang akrab disapa Ummi Rohmi, selepas menerima penghargaan.

Malam Anugerah DEN 2022 ini merupakan puncak acara dari seluruh rangkaian kegiatan Anugerah DEN 2022. Anugerah DEN diselenggarakan untuk memperingati Hari Jadi Pertambangan dan Energi ke-77 dan penyerahan tropi penghargaan DEN 2022 kepada Gubernur atau pemerintah daerah yang berprestasi.

Penganugerahan ini merupakan bentuk apresiasi kepada Daerah yang telah menyusun dan mengimplementasikan Rencana Umum Energi Daerah (RUED). DEN memberikan penghargaan kepada Daerah tercepat menetapan Perda RUED. Selain itu, DEN juga memberikan penghargaan kepada Daerah yang terbaik dalam implementasi Perda RUED. Lebih dari itu, DEN memberikan penghargaan kepada Daerah yang mengoptimalkan penggunaan Energi Baru Terbarukan (EBT). Terakhir DEN memberikan penghargaan kepada Daerah yang melaksanakan Transisi Energi.

Hal itu dilakukan oleh sebagai bentuk pengawasan pelaksanaan kebijakan pengelolaan energi yang bersifat lintas sektoral yang berpedoman pada Kebijakan Energi Nasional (KEN) dan RUEN serta penghargaan kepada Pemerintah Daerah yang telah menyusun RUED dan mengimplementasikannya.

Kegiatan Energy Award mengangkat topik “Energi Bersih dan Transisi Energi untuk Ketahanan Energi yang Berkelanjutan Menuju Net Zero Emition (NZE) 2060”.

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman seluas-luasnya tentang energi, energi bersih, transisi energi, ketahanan energi dan NZE. Kegiatan ini juga dilakukan agar memberikan pemahaman dan publikasi seluas -luasnya tentang tugas dan fungsi DEN serta peran dan kegiatan DEN yang telah dilaksanakan. Selain itu, pameran transisi energi ini diharapkan untuk mendorong reformasi kebijakan untuk ketahanan energi yang berkelanjutan dan pencapaian target transisi energi menuju NZE tahun 2060.

Lebih lanjut Energy Award ini juga diharapkan untuk menjalin kerja sama pemerintah dan para stakeholders dalam rangka dukungan untuk ketahanan energi nasional dan bauran energi nasional. Sebab realisasi pertumbuhan ekonomi dan pertumbuhan konsumsi energi serta bauran energi nasional masih jauh dari target KEN dan RUEN.

Tujuan akhir dari kegiatan ini ada guna turut menyambut dan mensukseskan Presidensi G20 dimana Indonesia sebagai tuan rumah serta mendukung seluruh rangkaian kegiatan KTT G20. Sehubungan dengan hal tersebut, DEN menyelenggarakan kegiatan Pameran Transisi Energi dan Resepsi Anugerah DEN. Kegiatan Pameran Transisi Energi (Energy Transition Expo) terdiri atas Talkshow dan Webinar Nasional Implementasi Rencana Umum Energi Daerah.

Hadir mendampingi Wakil Gubernur NTB, Kepala Dinas Energi Sumber Daya Mineral dan Kepala Dinas Kominfotik NTB.(red/ntbone)

BERITA TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img

BERITA Popular

Recent Comments

error: Content is protected !!