18 Mei 2022
Google search engine
BerandaKota BimaKota Bima Wakili NTB Dalam Ajang Penghargaan Perencanaan Pembangunan Daerah PPD Tahun...

Kota Bima Wakili NTB Dalam Ajang Penghargaan Perencanaan Pembangunan Daerah PPD Tahun 2022

KOTA BIMA – Dalam rangka Penentuan Nominasi Daerah dan Penetapan Kabupaten /Kota Terbaik Dalam Penghargaan Perencanaan Pembangunan Daerah (PPD) Tahun 2022 Bappeda Litbang Provinsi NTB bersama Lembaga Independen Universitas Mataram melakukan kunjungan guna menilai Perencanaan Pembangunan Daerah Kota Bima.

Bertempat di Aula Kantor Wali Kota Bima pada Kamis Pagi, Wali Kota Bima H. Muhammad Lutfi, SE bersama Ketua DPRD Kota Bima Alfian Indrawirawan, S. Adm dan Kepala Bappeda Litbang Kota Bima mempresentasikan capaian serta inovasi yang dihadirkan Pemerintah Daerah Kota Bima yang menjadi pokok penilaian dalam ajang Penghargaan tersebut.

Dalam sambutannya Wali Kota Bima, menerangkan bahwa tolak ukur penilaian sejalan dengan cita-cita Pemerintah Daerah Kota Bima yang berfokus pada peningkatan taraf kesejahteraan dan ekonomi masyarakat melalui pelayanan yang optimal dan tepat sasaran.

Berkaca dari tahun sebelumnya dimana Pemerintah Kota Bima menempati posisi 15 besar Nasional, pemerintah kembali optimis untuk mempertahankan dan meningkatkan kualitasnya di ajang penghargaan tersebut dengan lebih memfokuskan pada indikator yang menjadi PR utama yang diantaranya ialah Pertumbuhan ekonomi dan pertumbuhan PDRB per kapita; indeks pembangunan manusia (IPM); serta dukungan program prioritas daerah RKPD 2021 terhadap kegiatan prioritas pada prioritas Nasional Revolusi Mental dan Pembangunan Kebudayaan RKP 2021.

Dengan mensinergikan pelayanan berbasis teknologi akan memudahkan tujuan Pemerintah Daerah Kota Bima dalam menjangkau masyarakatnya dengan lebih cepat dan tepat. Hal itu pula yang melatarbelakangi Pemerintah Kota Bima dalam memperoleh Penganugerahan Predikat Kepatuhan Tinggi Standar Pelayanan Publik Tahun 2021.

“Bagaimana upaya pemerintah ini betul-betul bisa dirasakan oleh masyarakat kita dengan memiliki Big Data tentang jumlah masyarakat yang membutuhkan bantuan, masyarakat yang berkekurangan, dan lain sebagainya. Dengan adanya aplikasi SIMATIK yang mumpuni kita bisa menelaah masyarakat yang perlu untuk diperhatikan,” Bangga Wali Kota Bima menjelaskan.

Mengamini inovasi tersebut perwakilan Kepala Bappeda Litbang selaku Tim Penilai dari Provinsi NTB, Dr. Adi Purnawan mengapresiasi berbagai pencapaian inovasi yang dihadirkan oleh Pemerintah Kota Bima. Dalam sambutannya pula beliau menuturkan bahwa ajang penghargaan Perencanaan Pembangunan Daerah (PPD) merupakan salah satu bentuk evaluasi pembangunan daerah yang dilakukan Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional Republik Indonesia/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) untuk memberikan apresiasi dan motivasi kepada daerah agar lebih meningkatkan kualitas perencanaan dan pencapaian inovasi pembangunan di daerahnya.

“Dengan adanya Kota Bima sebagai satu-satunya perwakilan NTB untuk kategori kota dalam perlombaan ini, Harapan kami dalam prosesnya semua hal-hal yang sudah di upload akan bisa di verifikasi dan ada nilai plus yang bisa di bawa ke tingkat nasional. Tentunya kita berharap semoga Kota Bima bisa masuk dalam nominasi PPD tahun 2022,” Harap Perwakilan Bappeda Litbang Provinsi NTB yang sekaligus dilanjutkan dengan sesi presentasi dan penilaian oleh Tim Penilai Provinsi NTB. (prokopim-pelita)

BERITA TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img

BERITA Popular

Recent Comments

error: Content is protected !!